• Home
  • UMUM
  • SEJARAH
  • SOFTWARE
  • Islam
  • komputer

Sabtu, 10 Desember 2011

6 stadion unik di dunia

Dalam permainan sepak bola, infrastruktur lapangan dan stadion adalah hal yang paling utama. Beberapa negara bahkan pernah merancang beberapa stadion unik dengan tujuan tidak hanya sebagai tempat bermain bola, melainkan juga sebagai tempat indah yang bisa dipakai sebagai objek wisata yang mendatangkan pengunjung atau turis.
Inilah data 6 stadion yang sengaja dirancang unik dan aneh:
1. Vesturi á Eiðinum Stadium
Ini adalah stadion yang berada di semenanjung kepulauan Faroe. Mampu menanmpung sekitar 3000 penonton yang langsung disuguhi ombak pantai yang indah. Uniknya, disetiap pertandingan akan ada beberapa anak gawang yang naik perahu di pinggiran pantai yang bertugas mengambil bola yang tertendang ke laut. Para pemain juga diribetkan arah angin yang berhembus kencang menerpa mereka, sehingga arah bola sulit terprediksi. wah … bener2 ribet kalo main di sini Bro!
2. Vesturi á Eiðinum Stadium
Singapura sebagai negara yang kecil tentunya sulit mencari sisa lahan untuk sekedar membangun stadion. padatnya bangunan di Singapura membuat pemerintah setempat harus membangun stadionnya mengapung di atas lautan. Alas Stadion ini murni terbuat dari baja yang mengapung mirip sebuah perahu kapal yang sandar di dermaga. Stadion ini mampu menampung berat sekitar 1.070 ton. Kapasitas penontonnya 30.000 orang.  Upsss… ada sensasi tersendiri lho kalau pas main bola gelombangnya lagi tinggi. bisa terhuyung-huyung tuh pemain.
3. Stadion Osaka Jepang
Sudah membangun stadion mahal-mahal, malah tidak ada klub yang main di situ. Akhirnya pemerintah setempat merubah fungsi stadion menjadi perumahan. Nampak struktur stadion tidak dibongkar total. Hanya sisi rumput lapangan saja yang dibangun beberpa bangunan hunian. Emane rek!!!!. Warga yang tinggal disitu pasti spesial banget. Karena rumah mereka dikelilingi tribun penonton.
4. Stadion Iseng
Haha … ini bukan stadion sungguhan. Orang yang punya ide ini tentunya sangat merindukan ada permainan sepakbola di lapangan yang miring. Hikz…. kalian juga pasti pingin liat atraksi Messi dan Ronaldo mengocek bola di lapangan seperti ini. ada-ada aja!
5. Eco Stadium
Stadion ini dibangun mengacu pada lingkungan hidup. Pemerintah Brazil ingin memiliki satu stadion yang ramah lingkingan. Stadion ini dibangun tanpa mengandung baja, material bangunan atau hal-hal yang berbau bahan kimia. Semua sisi stadion adalah gundukan tanah yang diperuntukkan untuk bangku penonton dengan tatanan rumput hijau yang segar. Penonton pun dibuat nyaman dengan keteduhan dan hijaunya seluruh stadion.  Nama Eco adalah singkatan dari Ecosystem. Yang berarti stadion yang mengacu pada ekosistem. Sungguh ide yang sempurna tentunya. Tidak mahal lagi. Ayo Indonesia, buat yang seperti ini…. murah.
6. Stadion Braga Portugal
Stadion ini pernah populer saat penyelenggaraan EURO 2004 di portugal beberapa waktu lalu. Sisi belakang gawang adalah pemandangan alamiah dari bebatuan cadas yang sengaja di pasang untuk penutup stadion. Letaknya yang persis disebelah pabrik tambang, dekorasinya disesuaikan dengan situasi pertambangan yang terinspirasi dari kehidupan bangsa INCA kuno di Amerika Selatan. Menelan biaya 81.3 juta euro hanya untuk menata batu cadas di dua sisi belakang gawang.
Apa anda pernah masuk ke stadion Gelora Bung Karno?. Stadion kebanggaan Indonesia ini tidak pernah penuh. Sungguh sebuah kebanggaan yang mahal dan tidak efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan sopan